Kuliax Linux

By | 18.12 Leave a Comment
kuliax
PENGERTIAN
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini awalnya berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, kemudian setelah versi 6.0 pengembangannya diubah ke basis Debian GNU/Linux dan Debian Live. Kuliax dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux. Berkas image Kuliax dapat diunduh dan didistribusikan dengan bebas.
Fitur-Fitur
Kuliax memiliki banyak fitur yang dapat digambarkan sebagai berikut.
  • Stabil dan Kompatibel : Kuliax menggunakan Debian GNU/Linux rilis stable sebagai dasar dan kompatibel dengannya, sehingga pengguna memperoleh sistem yang stabil serta dapat menggunakan paket-paket Debian di Kuliax dan demikian pula sebaliknya.
  • Relatif Mutakhir : Kuliax menggunakan paket-paket relatif baru atau mutakhir yang diambil dari backports.org, arsip pengelola Debian, dan Kuliax backports khususnya untuk aplikasi. Sistem dasarnya sendiri termutakhirkan ke versi paket pada repo terkini saat masa pengembangan.
  • Sistem Live : Pengguna dapat menjalankan Kuliax langsung dari CDROM tanpa mengubah sistem operasi yang sudah ada. Kuliax dapat pula dipasang di harddrive menggunakan pemasang/installer yang telah disediakan.
  • Relatif Gegas dan Responsif : Sistem Kuliax telah dikonfigurasi dan dioptimasi untuk penggunaan desktop, sehingga dukungan-dukungan yang dibutuhkan seperti peningkatan respon dan interaktivitas terdapat di dalamnya.
  • Lingkungan Grafis : Kuliax menyediakan antarmuka grafis yang ramah pengguna, sehingga memberikan kemudahan untuk bekerja dan berkarya. Lingkungan desktop yang disediakan adalah KDE dan perangkat lunak-perangkat lunak berbasis grafis lainnya.
  • Dukungan perangkat keras komputer dan notebook : Kuliax menyertakan dukungan driver sehingga dapat mendeteksi dan mengkonfigurasi hampir semua perangkat keras yang pengguna miliki. Selain itu fitur seperti ACPI, hibernate, utilitas, banyak tipe sistem berkas seperti dukungan baca-tulis NTFS juga disertakan.
  • Kumpulan Aplikasi : Kuliax berisi kumpulan aplikasi berukuran total ~1.8 GB pada LiveCD-nya yang relatif lengkap untuk penggunaan umum seperti perkantoran, multimedia, produktivitas, utilitas, serta program-program yang dikhususkan untuk target distribusi. Paket-paket tambahan disertakan dalam CD #2 dan di server repositori Kuliax.
Kebutuhan Komputer
Untuk dapat menjalankan Kuliax edisi standar dengan baik dan lancar direkomendasikan pengguna memiliki spesifikasi komputer:
prosesor dengan clock 1 GHz atau lebih tinggi
RAM 256 MB atau lebih besar
drive CD-ROM
kartu grafis SVGA standar dengan resolusi 1024×768
tetikus standar: serial, PS/2, atau USB.
Proyek Kuliax
Proyek Kuliax adalah sebuah usaha terbuka berbasis komunitas dengan dukungan banyak pihak yang ingin membawa teknologi dan standar terbuka melalui Copyleft, Perangkat Lunak Bebas dan Open Source (PLBOS) ke dunia pembelajaran, penelitian, dan pengembangan khususnya di pendidikan tinggi.
Selain itu terdapat agenda lain yang berhubungan dengan peningkatan kesadaran dan kontribusi produktif masyarakat pada dunia melalui penggunaan dan pemanfaatan PLBOS untuk kemajuan bangsa.
DOWNLOAD ISO
http://kuliax.net/get
http://kuliax.net/en/get_kuliax/download
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: