Sulit Mengingat Mimpi Tidur Semalam? Ini Lho Penyebabnya

By | 20.26 Leave a Comment
Jakarta, Apa mimpi Anda dalam tidur semalam? Saat baru bangun tidur, Anda mungkin masih bisa mengingatnya. Namun semakin siang, ingatan tersebut semakin memudar sampai akhirnya Anda benar-benar tak ingat sama sekali.

"Semua orang bermimpi dalam tidurnya, namun tidak semua orang bisa mengingatnya," ujar Shelby Harris, PsyD, dari Behavioral Sleep Medicine Program di leep-Wake Disorders Center, Montefiore Medical Center, seperti dikutip dari Everyday Health, Rabu (25/3/2015).

Sementara itu menurut pakar tidur dari Mercy Health-West Pulmonary, Sleep and Critical Care di Cincinnati, Shyam Subramanian, MD, bermimpi terjadi selama tidur fase REM atau rapid eye movement, yang terjadi pada sekitar 20 persen dari waktu tidur secara keseluruhan.

Baca juga: Luangkan 45 Menit untuk Tidur Siang, Daya Ingat Meningkat 5 Kali Lipat

"Jika Anda bisa mengingat mimpi, bisa jadi lebih sering terjaga selama tidur tersebut. Sehingga ingatan tentang mimpi ini masih 'segar' di dalam otak. Otak mereka yang dapat mengingat mimpi juga lebih reaktif terhadap rangsangan suara ketika mereka tidur dan lebih mudah terjaga," imbuh Deborah Givan, MD, dari Riley Hospital for Children Sleep Disorders Center, Indiana University Health.

Meskipun demikian, Harris menjelaskan bahwa kemampuan mengingat mimpi tidak selalu ada hubungannya dengan kualitas tidur. Namun menurutnya orang memang cenderung lebih mengingat mimpinya ketika mereka sedang cemas atau depresi. Hal ini mungkin terjadi karena saat sedang cemas mereka juga cenderung lebih sering terbangun dan terjaga sepanjang waktu tidur.

Tak cuma kemampuan otak, frekuensi terjaga dan suasana hati saja yang dapat memengaruhi kemampuan mengingat mimpi lho. Jenis kelamin juga dapat memengaruhi hal ini. Sebuah studi dalam Journal of Adolescent Health pada tahun 2011 menunjukkan bahwa gadis remaja lebih mungkin mengingat mimpi dibandingkan dengan remaja laki-laki seusianya.
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: