Kondisi Seperti Ini Bikin Orang Menderita karena Tidak Bisa Kentut

By | 20.17 Leave a Comment
Jakarta, Banyak kentut alias gas buang pencernaan memang dibenci karena baunya bikin malu kalau ketahuan, tetapi tidak bisa kentut juga tidak lebih menyenangkan. Beberapa kondisi bisa membuat seseorang susah kentut dan akhirnya perutnya begah.

"Kalau sampai nggak bisa kentut kemungkinan ada gangguan pencernaan, mungkin ada sumbatan di ususnya atau memang sering terjadi pada kelompok orang yang sulit BAB (Buang Air Besar)," kata dr Ari Fahrial Syam, seorang konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo, seperti ditulis Rabu (25/3/2015).

Menurut dr Ari, perlu juga diwaspadai adanya penyumbatan di usus. Kondisi tersebut juga bisa membuat seseorang susah kentut, demikian juga dengan adanya kelumpuhan atau paralisis usus. Penyebab lainnya adalah IBS atau Irritable Bowel Syndrome.

Baca juga: Kentut, Hal yang Lumrah Dialami Tapi Sering Bikin Kesal karena Baunya

Konsumsi obat diare terkadang juga bisa membuat seseorang tidak bisa kentut. Obat tersebut bekerja dengan cara memperlambat gerak peristaltik usus. Akibatnya bukan hanya kotoran atau feses yang terhambat pengeluarannya, melainkan juga gas pencernaan alias kentut.

Sementara itu, dr Windi Yuliarini dari Puskesmas Pulau Moro Kepulauan Riau menyarankan untuk periksa saat seseoang tidak bisa kentut. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan penyebab, dan menentukan langkah penanganan jika memang penyebabnya adalah penyakit serius.

"Ada banyak macamnya atau obstruksi seperti ususnya terlilit (terpelintir) atau bisa kanker. Kalau sudah ke arah sana, harus dievaluasi. Harus diterapi yang disesuaikan dengan penyebabnya," jelas dr Windi.

Baca juga: Seperti Apa Sih Kentut yang Normal?
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: