Waktunya Tancap Gas dan Berpacu Lagi di MotoGP 2015 Kris Fathoni W - detikSport

By | 20.39 Leave a Comment
Waktunya Tancap Gas dan Berpacu Lagi di MotoGP 2015Getty Image/Mirco Lazzari
Jakarta - Deru motor para rider MotoGP dalam memacu tunggangannya akan kembali terdengar di lintasan balap akhir pekan ini. Losail, Qatar, akan mengawali babak baru persaingan untuk menyandang predikat juara dunia kelas primer balap motor grand prix di akhir musim nanti.

Sebanyak 25 rider (16 rider kategori factory dan sembilan kategori Open) dari sembilan tim pabrikan dan enam tim di kategori Open, akan mulai tancap gas sedari balapan malam di Qatar sampai seri terakhir, balapan ke-18, di Valencia pada 8 November nanti.

Dari hasil tes pramusim sejauh ini, persaingan tampaknya akan kian sengit saja. Pabrikan Ducati, yang belum pernah lagi memenangi satu balapan pun sepeninggal Casey Stoner tahun 2010 lalu, memperlihatkan betapa Desmosedici GP15 yang jadi tunggangan barunya bisa sedemikian kompetitif pada tes pramusim terakhir di Qatar. GP15 bukan cuma cepat tetapi juga disebut-sebut sudah tidak lagi menderita masalah understeer yang konon terus menghantui pendahulunya. Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone akan bertugas untuk menggeber GP15 sampai titik maksimal untuk kembali bisa menjadi salah satu kompetitor yang patut diwaspadai musim ini.

Kembalinya Suzuki, yang mengundurkan diri di akhir MotoGP 2011, secara penuh pada musim ini niscaya juga akan menambah citarasa tersendiri dalam persaingan. Setelah sepanjang tahun mengembangkan mesin GSX-RR, yang terlihat menjanjikan, Suzuki bakal berupaya mendobrak dominasi Honda dan Yamaha beberapa tahun terakhir. Sebagai modal, Suzuki akan mengandalkan rider Aleix Espargaro dan rookie Maverick Vinales, dengan sosok top Davide Brivio menyokong sebagai prinsipal tim.

Aprilia, sebuah nama terkemuka lainnya, juga kembali ikut bertarung sebagai tim pabrikan dengan menggandeng Gresini yang sebelumnya mengusung mesin Honda, untuk membentuk Aprilia Racing Team Gresini. Keputusan comeback Aprilia itu sendiri lebih cepat setahun dari rencana awal. Ini dilakukan agar Aprilia bisa sesegera mungkin menjajal langsung hasil pengembangan motor RS-GP di balapan, sebelum motor pabrikan yang sepenuhnya siap meluncur tahun depan. Alvaro Bautista dan Marco Melandri menjadi andalan Aprilia untuk mencapai tujuannya musim ini.

Dari tim-tim satelit di kategori pabrikan, sejumlah nama yang sudah tak asing lagi akan ikut meramaikan persaingan musim ini. Sebut saja Cal Crutchlow (CWM LCR Honda), Scott Redding dari Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Racing Honda, pasangan Monster Tech 3 Yamaha Bradley Smith dan Pol Espargaro, dan Yonny Hernandez dan Danilo Petrucci di kubu Pramac Ducati.

Di kategori Open, nama Karel Abraham dari AB Motoracing menjadi salah satu yang cukup mencuri perhatian setelah tampil oke dalam tes pramusim. Nama-nama seperti Nicky Hayden dan Eugene Laverty (Spain Drive M7 Aspar), Hector Barbera dan Mike Di Meglio dari Avintia Racing, Stefan Bradl dan Loris Baz yang membela Athina Forward Racing Yamaha, serta Alex de Angelis dari Octo Ioda Racing ART Machine dan Jack Miller (CWM LCR Honda) akan ikut meramaikan persaingan
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: